Kabupaten Merangin ini pada awalnya bernama Kabupaten Sarolangun Bangko (Sarko). Pada tahun 2002 terjadi pemekaran menjadi dua kabupaten yaitu Kabupaten Merangin yang ibu kotanya Bangko dan Kabupaten Sarolangun yang ibu kotanya Sarolangun.  Di Kota Bangko inilah timbulnya cikal  bakal timbulnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pada tahun 1983 berdirilah  Sekolah Mengah Ekonomi Atas (SMEA) -yang di pelopori oleh tokoh-tokoh masyarakat  Merangin sperti H. M. SYUKUR yang pada waktu itu menjabat sebagai Bupati Sarko, M. Najib, Sadhijarto,BA. Mai Terang, dan lain-lain sebagai tokoh dan pelaku pendidikan, yang mendorong untuk berdiri dan berkembang pendidikan kejuruan. Pada tahun delapan puluhan itu pendidikan kejuruan di Kabupaten Sarolangun Bangko belum ada dan putra Sarko kalau man menempuh pendidikan kejuruan mencari sekolah ke kabupaten lain atau ke kota provinsi.

Berdirinya SMEA Bangko pada tahun 1983 tersebut di bawah naungan Yayasan Pendidikan Merangin Bangko (YPMB) dengan respon yang cukup besar oleh pemerintah  dan masyarakat yang cukup banyak memberikan kemudahan dan bantuan. Hal ini terbukti dengan jumlah siswa, guru, dan sarana prasaran pendukung yang memadai Tuhun 1985 SMEA YPM Bangko berubah menjadi SMEA Negeri Bangko dengan dengan SK Mendikbud RI Nomor0596/0/1995 tertanggal 25 November 1985, yang memiliki tiga bidang prodi yaitu:

           1. Prodi Akuntansi

           2. Prodi Administrasi Perkantoran

           3. Prodi Perdagangan

Dari letak  geografis SMK Negeri 1 Merangin, Cukup strategis yaitu di persimpangan tiga kabupaten yaitu Kerinci, Muara Bungo, dan Kabupaten Sarolangun. Perkarangan sekolah cukup luas 2 Hektar persegi, dekat dengan pusat kota kabupaten. Keadaan ini membuat sekolah berkembang dengan baik yang  mutu sekolahnya mampu bersaing tingkat provinsi dan nasional. Sedangkan ouput atau tamatan dari SMK Negeri 1 Merangin mampu masuk keperguruan tinggi Negeri dan Swasta yang ternama, diterima pada DU/DI, dan mampu menghasilkan barang dan jasa secara mandiri.

Dengan umur SMK Negeri 1 Merangin sampai sekarang  sudah hampir 31 tahun sudah mengalami pergantian pimpinan beberapa kali seperti pada tabel dibawah ini:

No

Nama Lengkap

Sta. Jab

Nama Sekolah

Periode

1

Anwar Ali, BA

DF

 

SMEA Negeri Bangko

1986 -1990

2

Drs. Bachtiar Ramli

DF

 

SMEA Negeri Bangko

1990 -1992

3

Drs. Kamaruzzaman

DF

 

SMEA Negeri Bangko

1992 -1998

4

Drs. Ali Imron

DF

 

SMK N 1 Bangko

1998 - 2000

5

Drs. Zikwan

DF

 

SMK N 1 Bangko

2000-(6 Bln)

6

Maridi, S.Pd

DF

 

SMK N 1 Bangko

2002-2006

7

Efprianto, S.Pd.,M.Pd

DF

 

SMK N 1 Merangin

2006-2011

8

Asnaf, S.Pd

DF

 

SMK N 1 Merangin

2011-2015

9

Drs.H. Horizon Akbar

DF

 

SMK N 1 Merangin

2015-2020

10

Hindra Mashuri,S.Pd

DF

 

SMK N 1 Merangin

2020-

Program Studi juga mengalami perkembangan menjadi tujuh  Program Keahlian antara lain:

  1. Akuntansi dan Keuangan Lembaga      
  2. Otomatisasi dan  Tata Kelola Perkantoran
  3. Bisnis Daring dan Pemasaran
  4. Multimedia
  5. Tata Busana
  6. Produksi Grafika
  7. Akomendasi Perhotelan

      Bertambahnya program studi tentunya bertambah juga animo masryarakat untuk memilihuntuk  melanjutkan pendidikannya di SMK Negeri 1 Merangin. Hal ini menjadi pendorong cukup besar bagi pimpinan dan warga sekolah untuk berpacu mengembangkan sekolah menjadi sekolah yang bermutu dan favorit. Hal ini telah dibuktikan Bahwa SMK Negeri 1 Merangin slalu mendapat kesempatan untuk ikut lomba tingkat propinsi dan nasional. Tamatannya mampu bekerja di dunia usaha dan industri, menghasilkan barang dan jasa secara mandiri, berkiprah di dunia politik dan ekonomi dan bidang usaha lainnya.

Pada saat sekarang SMK Negeri 1 Merangin telah memiliki Usaha Unit Produksi Kantin, Bisnis Center, dan Percetakan yang dapat menambah  modal perkembangan kedepan untuk menjadikan sekolah, menjadi Sekolah yang Berbasis Bisnis dan Wirausaha dan menanamkan moto SMK Bisa! Pada seluruh siswa.