You need to enable javaScript to run this app.

Produksi Grafika

  • Rabu, 09 Oktober 2019
  • Administrator
  • 1 komentar

Produksi grafika adalah salah satu jurusan di sekolah grafika yang mengajarkan di bidang teknik produksi grafika (percetakan) mencakup penguasaan berbagai jenis mesin dalam industri percetakan.

Jurusan produksi grafika mempunyai kompetensi yaitu:

1. teknik cetak offset
Cetak offset adalah teknik cetak yang banyak digunakan, di mana citra (image) bertinta di-transfer (atau di- "offset") terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet, lalu ke permukaan yang akan dicetak. 

Ketika dikombinasikan dengan proses litografi, yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak bercampur, maka teknik offset menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) di mana citra yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang yang tidak dicetak menarik air, menyebabkan area yang tak dicetak bebas tinta.

2. teknik cetak sablon
Quote:Cetak saring/sablon adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar (screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasarNylon atau sutra. Layar ini kemudian diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya. Kain ini direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. Setelah diberi fotoresis dan disinari, akan terbentuk bagian-bagian yang bisa dilalui tinta dan tidak.

Proses eksekusinya adalah dengan menuangkan tinta di atas layar dan kemudian disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet. Satu layar digunakan untuk satu warna.

3. teknik cetak tinggi
Quote:Cetak tinggi merupakan salah satu teknik mencetak yang memanfaatkan bentuk yang paling tinggi yang berasal dari plat klise untuk menghasilkan bentuk karya berupa gambar. Acuan cetak tinggi itu serupa dengan panel ukiran atau panel relief, oleh sebab itu cetak tinggi disebut juga cetak relief. Acuan cetak tinggi dibuat dari bahan-bahan keras dan lunak.

Salah satu alasan teknik cetak tinggi masih digunakan hingga kini adalah ia mampu melakukan beberapa "pekerjaan khusus" yang tidak bisa dilakukan oleh mesin dengan teknik cetak lain. Contoh pekerjaan-pekerjaan khusus tersebut adalah, Stans & Rill, Perforasi, Embose, dan lain sebagainya.

4. teknik jilid kemas/finishing
Quote:Proses potong, dengan tujuan untuk membagi beberapa kertas hasil cetak tadi menjadi beberapa bagian, atau bisa juga hanya sekedar untuk merapihkan kertas.

Bagikan artikel ini:

1 Komentar

"123"
17 Mar 2022 11:50 Sodagar Komputer

Beri Komentar

Hindra Mashuri,S.Pd.,M.Kom.

- Kepala Sekolah -

Assalamalaikum wr.wb. Puji dan syukur kepada Allah yang Maha Kuasa oleh karena nikmat dan anugerahNya sehingga website sekolah SMK Negeri 1...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Seberapa Manfaat Website Sekolah Sebagai Media Penyampaian Informasi Sekolah

Hasil
Banner